Minggu, 10 Mei 2009

PCMIA ,PCI Card USB

PCMCIA

PCMCIA ( Personal Computer Memory Card International Association) atau dalam bahasa indonesia yang artinya Asosiasi Internasional Kartu Memori PC. PCMCIA adalah media kartu dengan sisipan simcard untuk melakukan koneksi internet melalui frekuensi GSM atau CDMA. Kartu PCMCIA (Personal Computer Memory International Associated) ini awalnya hanya didesain untuk PC laptop, yaitu untuk ekspansi memori, tetapi kemudian berkembang menjadi kartu jaringan, modem, dan media simpan eksternal.

PC card (PCMCIA) merupakan salah satu diantara kartu memori pertama yang dibuat tahun 1990-an, namun kini hanya dipakai sebagai perangkat koneksi,misalnya sebagai modem. Kartu seukuran kartu kredit yang digunakan sebagai interface dalam mendukung kinerja komputer. Misalnya berfungsi sebagai modem, wireless card, dll. Umumunya PCMCIA Card ini digunakan pada notebook

PCMCIA card / Kartu PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) atau PC card. Jenis kartu untuk menambahkan periferal pada komputer laptop. Plug and play Colok dan mainkan. Standar Windows yang memungkinkan pemasangan periferal secara mudah, seperti PC card nirkabel, printer, scanner, atau peranti multimedia lainnya.

Awalnya PCMCIA ini dirancang dan dikembangkan untuk memberikan tempat penyimpanan (memory) tambahan, namun seiring berkembangnya teknologi PCMCIA berkembang dengan berbagai kemampuan. Dan untuk sekarang ini banyak pennguna komputer jinjing atau lebih akrabnya Laptop banyak menggunakan PC Card ini.

PCMCIA pertama kali diluncurkan pada tahun 1990 namun didalamnya tidak dilengkapi dengan Card Service dan Socket Service dan pada setiap pemasangannya kita harus me reboot medianya agar dapat mengenali PC Card apa yang sedang dipakai. Hal ini banyak membuat kekecewaan pada pengguna,banyak faktor penyebabnya namun ini pun dapat disebut kegagalan pembuat dalam memenuhi standar Industri.

PCMCIA dapat digunakan atau berlaku pada flash memory, RAM, ROM, fax/modem,adaptor LAN, telepon genggam, dan penyimpanan data baik secara elektronik maupun media putar.

PCI (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.

Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on).

USB Wireless Adaptor

Termasuk perangkat baru dan praktis pada teknologi WIFI. Alat ini mengambil power 5V dari USB port. Untuk kemudahan USB WIFI adapter dengan fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC. Tetapi pada perangkat USB WIFI Adapter memiliki batasan. Sebaiknya mengunakan USB port 2.0 karena kemampuan sistem WIFI mampu mencapai data rate 54Mbps. Bila anda memerlukan kepraktisan, penambahan perangkat Wireless USB adaptor adalah pilihan yang tepat, karena bentuknya yang praktis dan dapat dilepas. Tetapi perlu diingatkan bahwa dengan supply power kecil dari USB port alat juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antenna yang ditanam didalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangak ini.


Tidak ada komentar: